Selamat Datang

di

KULIAH metode"C.H.A.T"

CEPAT_HEMAT_AKRAB_TERPADU

Membanggakan Kesuksesan orang lain, jauh lebih buruk daripada menyesali Kegagalan sendiri. Jadilah pribadi yang mandiri, tinggalkan Kegagalan, kejarlah Sukses dengan belajar.

Your good deeds are not the reason of others to respect you. Mistakes of others is not also a reason for you to punish him

[by : Parel]

"Black Gas" meteor dari Mars

A multicolored Perseid meteor striking the sky...
A multicolored Perseid meteor striking the sky just to the right from Milky Way. (Photo credit: Wikipedia)
Studi yang dipublikasikan di jurnal Science pada Jumat (12/10/2012) lalu mengungkap bahwa meteorit yang jatuh di wilayah Maroko yang berbatasan dengan Algeria,pada 18 Juli 2011 yang terdiri atas material yang disebut "black gas". Meteor itu jatuh sekitar pukul 02.00 dini hari waktu setempat. Bola api di langit dan dua suara ledakan mengiringi jatuhnya meteor ini.

"Berdasarkan pengukuran pada gas mulia, kami dapat memperhitungkan waktu meteorit itu terlempar dari Mars," kata Hasnaa Chennaoui Aoudjehane, astronom dari Hassan II University di Casablanca, Maroko, yang meneliti meteorit itu. Unsur gas mulia (contohnya Helium, Argon, Neon serta Kripton) terjebak di dalamnya.

Hasil penelitian mengungkap, meteorit itu dilemparkan dari Mars sekitar 700.000 tahun yang lalu. Dengan demikian, untuk bergerak dari Mars hingga jatuh di gurun wilayah maroko, meteorit itu butuh waktu 700 milenium.

Meteorit yang kemudian dinamai Tissint tersebut merupakan meteorit kelima dari Mars yang jatuh ke Bumi dan berhasil disaksikan manusia. Menurut perkiraan, ada sekitar 60 meteorit yang berasal dari planet merah tetangga Bumi tersebut.

Dibandingkan meteorit lain dari Mars, Tissint istimewa. "Tak ada hujan antara saat meteorit itu jatuh dan dikoleksi. Meteorit ini termasuk segar dan sangat membanggakan bisa menganalisisnya," ungkap Aoudjehane.

Tissint diduga terlempar dari Mars karena asteroid atau benda besar lain yang menghantam Mars. Tumbukan benda itu membentuk beberapa tanda bahwa meteor berasal dari Mars, selain tanda lelehan dan black glass.

Meteor itu awalnya ditemukan oleh kolektor meteorit. Tissint kemudian dipecah menjadi beberapa kepingan. Kepingan itu kini disimpan di beberapa museum, termasuk Museum of Natural History di  Vienna dan Natural History Museum di London. Minggu (14/10/2012), salah satu kepingan dipamerkan di Manhattan, New York.

Sumber :

Share this article :
 

Poskan Komentar

Saran-Kritik-Komentar Anda sangat bermanfaat.
Terima Kasih Telah Bergabung.

Info Terkait

Pengikut

 
Creating Website : Johny Template - Mas Template
Copyright © 2011. KULIAH via BLOG - All Rights Reserved
Template Created n Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger