Selamat Datang

di

KULIAH metode"C.H.A.T"

CEPAT_HEMAT_AKRAB_TERPADU

Membanggakan Kesuksesan orang lain, jauh lebih buruk daripada menyesali Kegagalan sendiri. Jadilah pribadi yang mandiri, tinggalkan Kegagalan, kejarlah Sukses dengan belajar.

Your good deeds are not the reason of others to respect you. Mistakes of others is not also a reason for you to punish him

[by : Parel]

Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak


Menggali Potensi Kecerdasan Anak

Cerdas berarti mampu menjelaskan sesuatu yang rumit secara sederhana kepada orang lain. Kecerdasan majemuk atau multiple intelligence merupakan kecerdasan baru yang telah mendapatkan pengakuan dunia sebagai salah satu teori belajar yang paling inovatif pada abad ke-20.

Dalam teori yang dikemukakan seorang psikolog dari Harvard UniversityHoward Gardner, bahwa terdapat delapan jenis kecerdasan dasar yang terbentuk dalam kecerdasan majemuk. Kecerdasan tersebut di antaranya kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal. Bisa dikatakan kecerdasan interpersonal merupakan kecerdasan sosial.
Kecerdasan interpersonal dan intrapersonal merupakan jenis kecerdasan yang dimiliki oleh anak. Kembangkan kedua kecerdasan ini untuk mengantarkan anak menuju sukses. KECERDASAN interpersonal dan intrapersonal merupakan jenis kecerdasan yang dimiliki oleh anak. Kembangkan kedua kecerdasan ini untuk mengantarkan anak menuju sukses.

Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan untuk mengamati dan mengerti maksud, motivasi dan perasaan orang lain. Peka pada ekspresi wajah, suara dan gerakan tubuh orang lain, dan ia mampu memberikan respons secara efektif dalam berkomunikasi. Kecerdasan ini juga dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang berlangsung antar dua pribadi, mencirikan proses-proses yang timbul sebagai suatu hasil dari interaksi individu dengan individu lainnya.

Praktisi dan konsultan Finger Print Analysis yang juga pemerhati pendidikan anak, Irene F Mongkar, mengatakan bahwa anak dengan kecerdasan interpersonal memiliki ciri yaitu peka dan mudah memahami perasaan orang lain. Mereka juga mudah berinteraksi dengan orang lain sehingga mudah bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

Kecerdasan interpersonal memiliki ciri yaitu
# mengenal dirinya dengan baik, termasuk kelebihan dan kekurangannya,
# mampu introspeksi diri dan memiliki niat besar untuk memperbaiki diri.
# Mudah menerima input atau bahkan kritikan terhadap dirinya. Misalnya model rambut tidak cocok dengan dirinya.
# Beberapa dari mereka ada yang senang akan kesendirian, di antaranya senang berdialog dengan diri sendiri


STIMULASI

Cara untuk menstimulasi anak dengan kecerdasan interpersonal adalah dengan mengikutsertakannya dalam kelompok-kelompok sosial seperti klub bernyanyi, pramuka, dan lain-lainnya. Stimulasi juga dapat dilakukan dengan cara memperbanyak dialog tentang kejadian di seputar kehidupannya, tentang teman-teman di sekolah misalnya. Dengarkan anak bercerita, mengungkapkan perasaan dan pemikirannya. Kecerdasan dasar juga meliputi kecerdasan intrapersonal. Profesi dengan kecerdasan interpersonal misalnya ialah pengacara, sosiolog, mediator, psikolog, dan lainlainnya. Agar potensi anak dalam intrapersonal bisa berkembang dengan baik dan maksimal, maka bisa dilakukan dengan memperjelas apa cita-citanya.

 
Puisi dan Cerita
Dalam rangka merayakan bulan berbahasa Indonesia pada Oktober 2010 yang lalu telah digelar acara Festival Bercerita IX dalam dan keragaman budaya nusantara. Pembukaan festival dua tahunan yang diadakan sejak 20 tahun lalu oleh KPBA itu dihadiri Wakil Menteri Pendidikan, Fasli Jalal, dan Duta Besar Slovakia untuk Indonesia, Stefan Rozkopal.

Ketua Kelompok Pecinta Bacaan Anak (KPBA) Indonesia Murti Bunanta di Jakarta, Kamis (11/11/2010), di sela pementasan cerita rakyat anak-anak dari Sanggar Arsari-Al Hidayah Penjaringan mengatakan bahwa anak-anak perlu diperkenalkan cara bercerita, terutama cerita rakyat yang sarat dengan pesan-pesan moral. Dengan begitu, anak-anak pun bisa menjadi pembawa tongkat estafet dalam melestarikan budaya membaca Bahasa Indonesia dan keragaman nusantara. Kalau diperkenalkan kepada anak-anak akan bisa memberi dampak yang positif terutama lewat pesan-pesan moral dari cerita itu.

Dari kegiatan tersebut terlihat minat anak untuk bercerita cukup bagus dan ternyata mereka tertarik dengan cerita-cerita rakyat yang dipentaskan sendiri oleh anak-anak.. Penampilan mereka yang lugu memukau dan menghibur para penonton. Acara tersebut bertujuan melestarikan budaya membaca Bahasa Indonesia dan keragaman nusantara yang tidak hanya difokuskan kepada anak-anak, tapi juga para guru dengan cara memberikan pelatihan kepada pengajar anak usia dini. Diharapkan guru-guru tersebut memiliki keterampilan dalam menceritakan cerita-cerita yang sarat akan pesan moral kepada anak-anak.

Sebelumnya anak-anak dari TKK Penabur 10 mempertunjukkan certa rakyat berjudul "Made dan Keempat Sahabat Karibnya". Singkat cerita, Made ketika diberi tantangan baru diketahui bahwa ia seorang anak yang cerdas, rajin, jujur, dan suka bekerja keras. Tidak seperti gambaran awal, pemalas dan suka tidur.

Pada kesempatan tersebut, yaitu ketika membuka Festival Bercerita IX itu, Wakil Menteri Pendidikan Nasional, Fasli Jalal juga turut membacakan buku cerita rakyat dari Papua yang berjudul "Masarasenani dan Matahari". Fasli Jalal mengaku terharu dan bahagia. Saya terharu dan merasa bahagia. Cerita rakyat membuat hati kita bangga, katanya. Cerita berdurasi sembilan menit itu dibawakan Fasli dengan sangat menggugah. Setiap tokoh dibawakan Fasli dengan warna suara, intonasi, dan tekanan berbeda. Sementara, Dubes Slovakia, Stefan Rozkopal membacakan buku cerita rakyat berjudul "Kancil dan Raja Hutan". Festival Bercerita ini berlangsung selama empat hari di Bentara Budaya Jakarta.


Seni Lukis sebagai Pendukung

Pembelajaran dan Pelatihan Seni Lukis kepada Guru-guru PAUD yang diadakan di Kota Yogyakarta diharapkan akan bermanfaat memberikan pengetahuan tentang karakteristik seni lukis anak, memberikan wawasan dan keterampilan membuat persiapan mengajar, menerapkan model pembelajaran seni lukis di sekolah, dan melakukan penilaian proses dan hasil karya seni lukis anak.

Sebagaimana di sebutkan, bahwa Pelatihan pembelajaran seni lukis anak usia dini ini bertujuan untuk :
1. Memberikan wawasan dan pelatihan guru-guru PUAD Formal untuk membuat persiapan mengajar 
seni lukis anak usia dini. 
2.Melatih gum PAUD dalam pengembangan strategi pembelajaran melukis dengan model pemberian contoh  untuk memotivasi anak. 
3. Melatih guru PAUD dalam mengembangkan instrumen penilaian proses dan hasil karya seni lukis. 
4. Melatih guru dalam melaksanakan penilaian proses dan hasil karya 
seni lukis anak usia dini. 

Metode pelatihan yang digunakan adalah: 
Pertama metode presentasi untuk mengenalkan berbagai media melukis, model pembelajaran, dan metode pemberian contoh melukis untuk anak serta pengembangan instrumen penilaian seni lukis anak usia dini. 
Kedua praktik membuat persiapan mengajar dalam bentuk RPP dan media pembelajaran seni lukis. Penerapan metode pemeberian contoh dalam pembelajaran melukis pada anak usia dini di PAUD formal masing-masing peserta.
Ketiga pembuatan instrumen penilaian proses dan hasil karya seni lukis dan praktik melakukan pinilaian proses dan hasil karya seni lukis anak di TK masing-masing 
Keempat, presentasi hasil penerapan metode pemberian contoh di depan tim pengabdi dan guru peserta pelatihan.

  
Baca Juga :
·    Film Jakarta Maghrib (pangeran229.wordpress.com)
·     Everyone Was Definitely Smart!! (iif16salimna.wordpress.com)
·  Menjadi Guru Bagi "Native Digital dan Screenagers" (madrasahnaja.wordpress.com)
·    The Police Pursue My Love (PROLOG) (faninfiction.wordpress.com)
·   Fairytale by Alexander Rybak (catatanalin.wordpress.com)
·   Istana Anak-Anak Indonesia (asiahotels.com)
· On the brink: Tremors increase at Anak Krakatau to 5,000 a day (theextinctionprotocol.wordpress.com)
·    Everyone Was Definitely Smart!! (iif16salimna.wordpress.com)
·   [END] Harry K Potter And Occupant Of Phonetica (ffindo.wordpress.com)
Share this article :
 

Poskan Komentar

Saran-Kritik-Komentar Anda sangat bermanfaat.
Terima Kasih Telah Bergabung.

Info Terkait

Pengikut

 
Creating Website : Johny Template - Mas Template
Copyright © 2011. KULIAH via BLOG - All Rights Reserved
Template Created n Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger