Selamat Datang

di

KULIAH metode"C.H.A.T"

CEPAT_HEMAT_AKRAB_TERPADU

Membanggakan Kesuksesan orang lain, jauh lebih buruk daripada menyesali Kegagalan sendiri. Jadilah pribadi yang mandiri, tinggalkan Kegagalan, kejarlah Sukses dengan belajar.

Your good deeds are not the reason of others to respect you. Mistakes of others is not also a reason for you to punish him

[by : Parel]

Orang Terkaya Benua Asia, ternyata Mantan Guru

Jack Ma akhirnya didaulat sebagai orang terkaya di Benua Asia. Sudah bertahun-tahun ia bertengger di posisi ke-2, di bawah Li Ka-shing, pemilik properti terbesar di Cina hanya memiliki 28,3 miliar dolar AS. Dilansir dari China Daily, (12/12/14), Jack Ma pendiri dan Ketua Eksekutif Alibaba Group, sebuah keluarga bisnis berbasis internet yang sangat sukses, akhirnya menyalip taipan properti itu dengan selisih tipis. Pemiliki situs alibaba.com ini menjadi orang terkaya di Cina dan manusia ke-18 terkaya di dunia dengan perkiraan kekayaan bersih $ 29.700.000.000, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Jack Ma yang nama aslinya Ma Yun (Cina: 马云; lahir September 10, 1964) adalah pengusaha dan dermawan Cina. Dia adalah pengusaha daratan China yang pertama tampil di sampul Forbes. Pada November 2014, yang berada di bawah kepemimpinan maverick Ma, selama periode 15 tahun perusahaan telah menjembatani perubahan yang luar biasa dalam perdagangan global dan ekonomi China. Dalam sebuah negara dengan sedikit e-commerce tapi banyak birokrat Partai Komunis, ia mengangkat raksasa yang masih tumbuh dengan US sebagai penawaran umum perdana, yang akan memulai trading di bawah ticker BABA dan merupakan yang terbesar dalam sejarah.

Dalam perayaan ulang tahun ke-50, di Amerika Serikat, ‘Jack Ma Alibaba’ mengungkap ambisinya dengan berharap perusahaannya akan berlangsung dua kali lebih lama, ditambah dua tahun. Jack Ma mengatakan Alibaba akan bertahan 102 tahun sehingga kerajaan internet yang didirikan pada tahun 1999 dapat span tiga abad.

Masa Suram
"Ayah saya mengatakan jika Anda lahir 30 tahun yang lalu, Anda mungkin akan berada di penjara, karena ide-ide yang Anda miliki sangat berbahaya," kata Ma Charlie Rose dalam sebuah wawancara 2011 TV. Meskipun dia berani membuka audiens Barat, Ma selalu berhati-hati di Cina untuk menghindari pernyataan dan tindakan yang bisa membahayakan usahanya.
Sebelum mendirikan Alibaba.com , Jack Ma dulu hanya seorang guru bahasa inggris. Profesi ini pun bukan pilihan pertamanya. Sebelum menjadi guru, ia sudah puluhan kali mendaftar pekerjaan namun selalu ditolak. Ia juga sempat mendaftar menjadi karyawan di KFC, namun dari 27 orang yang mandaftar hanya 26 yang diterima. Ya, hanya ia satu-satunya yang tidak diterima. Ada 30 perusahaan ia lamar namun semuanya menolak.

Sejak kelahirannya, Jack Ma tumbuh di lingkungan penduduk yang sederhana di Hangzhou. Pada saat itu, China baru membuka diri terhadap bangsa barat. Semasa hidupnya, dia harus berhadapan dengan berbagai masalah. Ma ditolak di setiap sekolah, tempat dia ingin belajar. Bahkan sejak sekolah dasar, dia sudah menerima penolakan karena ujian matematikanya yang tak begitu baik. Meskipun ia dua kali gagal dalam ujian masuk dua kali, Ma memasuki apa yang disebut "kuliah terburuk Hangzhou", di Institute Guru Hangzhou (saat ini dikenal sebagai Hangzhou Normal University) dan lulus tahun 1988, dengan gelar sarjana dalam bahasa Inggris. Selama di sekolah, Ma terpilih sebagai ketua mahasiswa. Dia kemudian menjadi dosen dalam bahasa Inggris dan Perdagangan Internasional di Hangzhou Dianzi University selama lima tahun, dengan penghasilan $ 15 per bulan. Ma menikah dengan kekasihnya semasa kuliah dan mengajar bahasa Inggris. Kemudian dia melanjutkan untuk mengikuti pendidikan di Beijing berbasis Cheung Kong Graduate School of Business (CKGSB), yang didirikan pada tahun 2002 oleh miliarder Hong Kong Li Ka-shing, lulus pada tahun 2006.

Selama waktu itu, ia juga melamar dan gagal menjadi karyawan di KFC lokal, hotel dan polisi kota dan pengusaha lainnya di kampung halamannya di Hangzhou di China timur. Tapi Ma bertahan dan melaluinya. Ma merasa dirinya berpikir lebih global dibandingkan kebanyakan penduduk China lain. Sejak usia 12 hingga 20 tahun, dia mengendarai sepedanya selama 40 menit ke hotel di mana dia dapat belajar bahasa Inggris. Delapan tahun bergaul bersama banyak turis asing benar-benar mengubah cara pandangnya mengenai hidup. Apa yang diceritakan para turis sangat berbeda dengan semua yang dipelajari Ma dari para guru dan buku di sekolah.

Ma Yun, menjadi orang Cina yang sangat berbeda sepanjang kampanye Partai Komunis mendominasi kehidupannya sehari-hari. Orang tua Jack Ma melakukan jenis cerita musik yang dilarang selama kehancuran Revolusi Kebudayaan Mao, 1966-1976. Kakek Ma, seorang pejabat lokal di bawah Partai Nasionalis yang dikalahkan Mao, dianiaya sebagai musuh revolusi Komunis. Ma dan kerabatnya semua menderita pada waktu itu, tulis Cina Zhang Yongsheng penulis biografi pada tahun 2009.

Chen Wei teman dan asisten pribadinya di Alibaba, menulis buku ‘Ma’ tahun 2013. Seperti kebanyakan orang tua Cina saat itu, Ma tumbuh dengan pukulan ayahnya. Tapi ada kenikmatan masa kanak-kanak juga. Dia suka mengumpulkan dan memerangi jangkrik, hobi kuno yang juga dilarang Mao. Ma mengembangkan keahlian telinga, mampu membedakan jenis dan ukuran kriket hanya dengan suara. Mulai usia 12, Ma selalu terbangun pukul 5 pagi untuk berjalan atau bersepeda ke hotel utama Hangzhou sehingga ia bisa berlatih bahasa Inggris dengan wisatawan asing, yang mulai mengalir ke negara itu setelah kematian Mao pada tahun 1976. Dia melakukan ini selama sembilan tahun dan bertindak sebagai pemandu wisata gratis ke banyak turis, berteman dengan mereka dan kemudian mengunjungi salah satu keluarga di Australia.

Pengalaman mereka membuka matanya. "Saya menyadari apa yang mereka bilang itu sangat berbeda dari apa yang telah saya pelajari di sekolah atau mendengar dari orang tua saya," kata Ma kepada Xiao-Ping Chen, seorang profesor di University of Washington di Seattle, dalam sebuah wawancara yang diterbitkan tahun 2013 lalu.

"Gaya hidup Ma Yun sangat sederhana dan sederhana. Hobinya masih tai chi dan novel kung fu," Chen, temannya dan asisten, mengatakan pekan lalu dari Boston, saat menemani Ma AS roadshow Alibaba sebelum IPO.

"Saya tidak berpikir dia telah banyak berubah, dia masih gaya lama. Saya yakin gaya hidupnya akan lebih sederhana. Dia tidak akan berubah," kata Chen. Dalam bukunya, Chen mengatakan Ma menikmati meditasi di pegunungan, bermain poker dengan teman-teman dan menulis fiksi kung fu sendiri. Dengan akun Ma sendiri, ia percaya di kedua Buddhisme dan Taoisme, dan mengikuti berbagai ajaran Konfusianisme.

Jack Ma menikah dengan Zhang Ying dan mereka memiliki satu anak perempuan dan satu anak yang saat ini seorang mahasiswa sarjana di University of California, Berkeley Untuk miliarder yang begitu blak-blakan tentang isu-isu perusahaan dan bisnis, Ma mengungkap sedikit tentang keluarganya dimana dia berhasil menjaga ketenangan kehidupan pribadinya dari skandal-bebas. Ma dan istrinya Zhang Ying memiliki seorang putra, undergrad di University of California-Berkeley, di mana Ma diaudit kelas. Sebuah foto hitam-putih dari Ma muda dengan kakakvdan adiknya tertular virus bulan ini di dunia maya China, karena banyak orang tidak menyadari warga terkaya mereka bahkan memiliki saudara.

Seandainya di China pernah diizinkan melakukan pemilu terbuka, Ma bisa menjadi calon yang populer untuk office, kata Duncan Clark, Brit yang merupakan konsultan teknologi yang berbasis di Beijing. "Dia adalah kebalikan dari pengap dan kaleng. Dia lucu, kreatif dan pembicara yang menarik. Saya sering berpikir dia memiliki karir lain di stand-up comedy," katanya.

Menggeluti INTERNET

Ma pertama kali menggunakan internet pada 1995 saat dia mencari kata `beer` dan `China`. Tapi saat itu, Ma tidak menemukan hasil pencarian yang diharapkan melalui internet. Berbekal rasa penasaran, dia lantas menciptakan laman website untuk jasa terjemahan bahasa China dengan seorang teman. Hanya dalam beberapa jam saja, dia menerima banyak surat elektronik (email) yang cukup membantunya membangun situs tersebut.

Ma bertekad untuk memasuki bisnis dan mendirikan perusahaan penerjemah, tapi ia masih harus menjajakan barang di jalanan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dia melakukan perjalanan ke Amerika Serikat pada tahun 1995 sebagai penerjemah untuk membantu memulihkan pembayaran perusahaan Cina. Upaya itu gagal, dan Amerika yang memberi utang uang mangancam dirinya. Namun seorang teman di Seattle memperkenalkan Internet ke Ma, dan idenya mulai muncul. Ternyata Ma tidak menemukan ada daftar tunggal untuk kata "Cina" dan "bir" secara online, tidak seperti untuk bir Amerika dan Jerman sebagaimana ditemukan orang-orang. Dia kembali ke China dan membuat daftar situs yang kemudian ia jual ke pemerintah. Setelah bekerja di Beijing untuk sebuah perusahaan internet di bawah Kementerian Perdagangan, Ma pulang ke Hangzhou untuk mengejar mimpinya.

Ide-ide aneh membuatnya mendapatkan julukan " Jack Ma Gila". Dia percaya pada potensi bisnis internet ketika beberapa Cina lainnya melakukannya. Tidak ada yang berpikir dia sekarang ‘marah’, bahkan ketika ia mengenakan ‘wig liar dan lipstik’ untuk seremoni pertemuan tahunan di stadion yang dipenuhi karyawan Alibaba. Si ‘kurus’ Ma, bersedia untuk mengolok-olok dirinya sendiri, dan mengungkapkan pikirannya, berbeda dengan baron perusahaan China yang sering konservatif. Karismatik dan energik mantan guru ini telah menjadi inspirasi bagi jutaan insan di seluruh China.

Perjalanan usang Hartawan ini berubah menjadi spektakuler. Dia gagal dalam matematika tetapi mencintai bahasa Inggris. Sekarang bintang partai telah terbit di sektor swasta China ke panggung dunia, buku-buku dan DVD yang tak terhitung jumlahnya merupakan produk yang dijual bisnis edukasinya, di setiap ruang tunggu bandara.

Dia memuji dan menggunakan teknik manajemen Barat, tetapi juga mengutip secara teratur dari Ketua Mao Zedong. Dia adalah penggemar novel kung fu China dan menjadikan legenda bagian dari budaya perusahaannya. Dia berkeliling dunia dengan pelatih tai chi.

ALIBABA.com

Dengan bantuan lebih dari selusin teman-teman yang mengumpulkan hanya $ 60.000 sumber daya mereka – Ma mendirikan Alibaba, platform bisnis online-to-business. Perusahaan ini sekarang membuat keuntungan lebih dari gabungan pesaingnya Amazon.com dan e-Bay, yang sedang berkembang pesat dikelas menengah China sebagai pemboros besar online. Padahal, Alibaba dan sistem pembayaran online hanyalah bergantung pada perusahaan kecil.
Ma berhasil merebut peluang yang merubah China menjadi ekonomi pasar. Kini, internet pertama kali dipromosikan, dan perusahaan swasta kecil,berjuang untuk mendapatkan pinjaman dan harus bersaing dengan perusahaan-perusahaan negara yang dilindungi pemerintah, kata ekonom Feng Pengcheng, direktur Pusat Penelitian China untuk Capital Management di University of International Bisnis dan Ekonomi di Beijing.

"Model bisnis Ma Yun dibuat di China sesuai dengan model pasar Cina. Mungkin gagal di pasar AS, tapi sangat sukses di China," kata Feng. "Terlebih lagi, Ma Yun bekerja sama dengan baik pada bakat lainnya. Budaya Perusahaannya dan pesona pribadinya dan slogannya yang menggembirakan, mampu mengikat karyawan," katanya.

Ma pertama kali mulai membangun website untuk perusahaan Cina dengan bantuan teman-teman di Amerika Serikat. Dia mengatakan bahwa "saat kami dapat terhubung ke Web, saya mengundang teman-teman dan orang-orang TV ke rumah saya," dan pada koneksi dial-up yang sangat lambat, "kami menunggu tiga setengah jam dan mendapat setengah halaman. ... Kami minum, menonton TV dan bermain kartu, menunggu. Tapi aku sangat bangga, karena terbukti (pada tamu di rumah saya itu) Internet ada."

Pada konferensi tahun 2010, Ma mengungkapkan bahwa ia tidak pernah benar-benar menulis kode atau membuat satu penjualan ke pelanggan. Pada tahun 1995, Ma mendirikan China Yellowpages, diyakini menjadi perusahaan berbasis internet yang pertama Cina. Dari tahun 1998 hingga 1999, Ma beralih ke sebuah perusahaan teknologi informasi yang didirikan oleh China International Commerce Electronic Center, departemen Kementerian Perdagangan Luar Negeri dan Kerjasama Ekonomi.

Ia mendirikan Alibaba pada tahun 1999, sebuah situs berbasis di China business-to-business pasar yang saat ini melayani lebih dari 79 juta anggota dari lebih dari 240 negara dan wilayah. Pada bulan September 2014 diumumkan Alibaba membesarkan $ 20 miliar pada IPO. Ma kini menjabat sebagai Ketua Eksekutif Alibaba Group, yang merupakan perusahaan induk dengan sembilan anak perusahaan utama, yaitu Alibaba.com, Taobao Marketplace, Tmall, eTao, Alibaba Cloud Computing, Juhuasuan, 1688.com, AliExpress.com dan Alipay.

Pada bulan November 2012, volume transaksi Alibaba secara online melebihi satu triliun yuan. Ma,akhirnya digelari sebagai "triliun Hou", yang berarti harfiah "Triliun Yuan Marquis" dalam bahasa Cina.

15 Januari 2013, Jack Ma mengeluarkan surat terbuka kepada karyawan yang menyatakan niatnya untuk pensiun dari jabatannya sebagai CEO Alibaba Group pada 10 Mei 2013. Pada bulan September 2014, Alibaba Group IPO di NYSE. Alibaba menjadi salah satu perusahaan teknologi paling berharga di dunia setelah mengumpulkan $ 25,000,000,000 dari IPO AS.

Prestasi

Pada tahun 2004, ia dipilih oleh China Central Television dan pemirsa sebagai salah satu "Top 10 Pemimpin Bisnis of the Year".
Pada tahun 2005, Ma dipilih oleh World Economic Forum sebagai "Young Global Leader". Pada tahun 2005, Ma adalah nama salah satu dari "25 Pengusaha Paling Berpengaruh di Asia" oleh Fortune.
Pada tahun 2006, Ma juga lulus dari pendidikan lanjutan di Beijing berbasis Cheung Kong Graduate School of Business, didirikan pada tahun 2002 oleh miliarder Hong Kong Li Ka-shing.
Pada tahun 2007, dalam menanggapi kritik di seluruh dunia praktek membunuh hiu sirip mereka, Ma mengumumkan bahwa ia dan keluarganya telah "dilantik dari Shark Fin Soup sekarang dan selamanya." Dia terpilih oleh Businessweek sebagai "Pengusaha of the Year" pada tahun 2007. Ma telah menyatakan bahwa saat itu menciptakan minat baru ditemukan di lingkungan hidup yang akan membentuk etos masa depannya.
Pada tahun 2008, ia menjadi salah satu dari 30 "Best CEO dunia" oleh Barron.
Pada bulan Mei 2009, Ma dihormati oleh majalah Time dengan dimasukkannya ke dalam ‘TIME-100’, daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia. Dalam laporan prestasi Mr Ma, Adi Ignatius, mantan editor Senior dan editor-in-chief dari TIME Harvard Business Review, mengatakan, "Bila bertemu Jack Ma, Anda mungkin dimaafkan bila berpikir dia masih seorang guru bahasa Inggris. Pengusaha Internet Cina bersuara lembut dan elflike - dan dia berbicara bahasa Inggris benar-benar baik. Tapi seperti pendiri dan CEO Alibaba.com, Ma, 44, menjalankan salah satu pasar B2B online terbesar di dunia, eBay untuk perusahaan yang melakukan perdagangan internasional. Alibaba dan konsumen lelang situs Ma, Taobao.com, melakukannya dengan baik sehingga pada tahun 2006, eBay menutup situs sendiri di China.
Pada tahun 2009, Ma menjadi wali program The Nature Conservancy Cina. Dia juga terpilih sebagai salah satu dari "Orang China Paling Powerful" oleh BusinessWeek, dan salah satu "Top 10 Pengusaha Paling Dihormati di Cina" oleh Forbes China . Ma menerima "2009 CCTV Ekonomi Person of the Year: Pemimpin bisnis Dekade Award ". Pada bulan Januari 2009, Alibaba Group merevisi kebijakan daftar dan melarang penjualan produk sirip hiu pada semua platform e-commerce-nya.
Pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Alibaba.com Mei 2009, Ma, mendorong mereka yang hadir, termasuk para pemegang saham, pelanggan dan mahasiswa dari dua universitas Hong Kong, untuk mengambil masalah ke tangan mereka sendiri dan mengambil tindakan dalam bentuk memulai usaha untuk mengatasi krisis ekonomi daripada menunggu pemerintah atau bisnis untuk membantu mereka. Dia mengingatkan semua orang bahwa kekayaan besar dunia dibuat oleh orang-orang yang melihat peluang bahwa orang lain tidak, dan ia mencatat bahwa setelah resesi global baru-baru ini akan ada yang berbeda dalam hal mengungkap cara-cara baru melakukan bisnis.
Pada tahun 2010, Ma dipilih oleh Forbes Asia sebagai salah satu "Pahlawan Asia dari Filantropi" atas kontribusinya untuk bantuan bencana dan kemiskinan. Ma adalah anggota dewan SoftBank Jepang dan China Huayi Brothers Media Corporation dan bergabung dengan dewan direksi global pada bulan April 2010.
Pada rapat umum pemegang saham tahunan untuk Alibaba.com pada bulan Mei 2010, Ma mengumumkan Alibaba Group akan dimulai pada 2010 untuk mengalokasikan 0,3 persen dari pendapatan tahunan untuk perlindungan lingkungan, terutama pada air dan kualitas udara proyek perbaikan. Masa depan Alibaba, ia telah mengatakan bahwa "Tantangan kami adalah untuk membantu lebih banyak orang untuk membuat uang yang sehat, 'uang berkelanjutan,' uang yang tidak hanya baik untuk diri mereka sendiri tetapi juga baik bagi masyarakat. Itulah transformasi kami bertujuan untuk membuat.
Pada tahun 2011 ia mengumumkan bahwa salah satu perusahaannya telah menguasai Alipay, sebelumnya anak perusahaan dari Alibaba Group, untuk "mematuhi hukum China yang mengatur perusahaan pembayaran untuk mengamankan lisensi Alipay untuk terus beroperasi. Banyak analis melaporkan bahwa Ma dijual Alipay untuk dirinya sendiri di bawah nilai pasar tanpa memberitahu dewan Alibaba Group atau pemilik utama lainnya Yahoo dan Softbank, sementara Ma menyatakan bahwa dewan direksi Alibaba Group mengetahui transaksi itu. Sengketa kepemilikan itu diselesaikan oleh Alibaba Group, Yahoo dan Softbank pada bulan Juli 2011.
Pada tahun 2013, ia menjadi Ketua Dewan untuk Nature Conservancy China Program; ini adalah salah satu momen setelah ia mengundurkan diri dari Alibaba sebagai CEO perusahaan. Ma adalah warga negara Cina pertama yang melayani papan The Nature Conservancy. Ia dianugerahi gelar doktor kehormatan oleh Hong Kong Universitas Sains dan Teknologi pada November 2013 dan telah diaudit kelas di University of California, Berkeley
Pada tahun 2014, ia kembali dimasukkan oleh Time dalam daftar 100 orang paling berpengaruh dunia.

Walau masih menjabat sebagai ketua eksekutif perusahaan, saat pengunduran dirinya sebagai CEO Alibaba, Ma telah mengisyaratkan akan lebih menjelajahi pengejaran "budaya", seperti pembuatan film, pendidikan dan perlindungan lingkungan. "Salah satu isu yang dihadapi China adalah bahwa dompet orang menggembung, tetapi kepala mereka kosong," katanya kepada Hong Kong South China Morning Post tahun lalu. Ma juga menjanjikan lebih filantropi, termasuk apa yang mungkin menjadi dasar amal terbesar di China.

Sukses bisa diraih siapa saja. Minat, ayo lakukan.

SUMBER:
http://en.wikipedia.org/wiki/
www.usatoday.com/story/


Share this article :
 

Poskan Komentar

Saran-Kritik-Komentar Anda sangat bermanfaat.
Terima Kasih Telah Bergabung.

Info Terkait

Pengikut

 
Creating Website : Johny Template - Mas Template
Copyright © 2011. KULIAH via BLOG - All Rights Reserved
Template Created n Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger